Bingung Cara Membuat Video Animasi? Berikut Ini Tahapannya!

Sudah pernahkah kamu membuat video animasi sebelumnya? Jika belum pernah dan saat ini ingin memulai membuatnya, kamu boleh simak artikel ini hingga akhir, ya!

Membuat video animasi bukanlah hal yang mudah bagi para pemula. Namun, semua masih bisa kamu pelajari kok, asalkan belajar dengan tekun, konsisten, dan disiplin.

Berbeda dengan membuat video biasa, pembuatan video animasi membutuhkan penciptaan objek video sendiri. Hal ini memang terdengar lebih rumit. Namun, jangan khawatir, berikut ini tahapan yang perlu kamu lakukan sebelum memulai membuat video animasi. 

Menyusun Naskah Alur Cerita

Tips agar mudah menyusun naskah video animasi adalah kamu perlu mengenal dulu tujuan utam akmu membuat video tersebut untuk siapa. Lalu, pesan apa yang ingin kamu sampaikan melalui animasi dan efek yang kamu harapkan dari penikmat video animasi tersebut.

Jika kamu telah menemukan jawabannya. Saatnya kamu menyusun naskah. Kamu perlu memiliki bayangan terkait pembawaan cerita dalam video tersebut. Usahakan untuk membuat video yang ringan agar para penonton bisa memahami pesan yang ada di dalamnya dengan lebih mudah. 

Menyusun Storyboard

Storyboard merupakan gambaran kasar dari keseluruhan video animasi. Dengan begini, langkahmu akan lebih mudah karena kamu bisa memperkirakan bagaimana video akan kamu buat.

Umumnya, storyboard ini hampir mirip dengan komik strip sederhana dengan beberapa panel. Tidak hanya membantu dalam menentukan gambaran, storyboard juga akan membantumu menentukan angle mana yang akan terlihat nanti.

Jadi, storyboard ini menjadi panduan untuk dirimu sendiri dalam membuat video animasi tersebut. Maka dari itu, kamu harus paham dengan storyboard yang sudah kamu buat.

Menentikan Jenis Video

Terdapat banyak jenis dalam video animasi yang sudah berkembang sampai saat ini. Ada animasi whiteboard yang banyak terpakai dalam pembuatan video animasi sebagai media pembelajaran. Video jenis ini mempunyai ciri khas berupa animasi seolah berada dalam whiteboard.

Selanjutnya, ada animasi tipografi yang mengkombinasikan animasi gerakan dengan tulisan. Biasanya ada pada video klip. Animasi infografi biasanya terdiri dari data-data grafik untuk menyajikan data dengan cara lebih menarik.

Kemudian, animasi dua dimensi yang relatif mudah untuk kamu buat, serta animasi tiga dimensi yang lebih nyata dan bervolume daripada dua dimensi.

Nah, setelah ketiga tahap sudah kamu lakukan, kamu bisa langsung mulai melakukan pembuatan video dan penambahan latar musik yang sesuai.

Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai video animasi, kamu bisa langsung mengunjungi videos.id.

videos.id adalah pusat informasi terkait video animasi dan video explainer paling lengkap, lho. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bingung Cara Membuat Video Animasi? Berikut Ini Tahapannya!"

List Blog Keren Rajabacklink