Jenis-Jenis Hosting yang Perlu Diketahui

Dalam perkembangan internet, hosting memiliki peran yang sangat penting. Tanpa adanya hosting, maka kita tidak akan bisa membangun suatu situs atau website yang baik. Banyak yang mengira hosting dan domain merupakan suatu hal yang sama. Padahal, keduanya sangatlah berbeda meski sama-sama penting bagi website.

Pengertian hosting sendiri merupakan layanan online yang memungkinkan para penggunanya untuk mempublikasikan suatu situs web atau aplikasi web di internet. Jadi, saat mendaftar layanan hosting, pada dasarnya kita sedang menyewa ruang server fisik untuk menyimpan semua data.

Data inilah yang dibutuhkan supaya website bisa berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa jenis hosting yang perlu kita ketahui sebelum memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Di antaranya: 

Shared Hosting

Bagi pemula, sangat disarankan untuk menggunakan jenis hosting satu ini. Shared hosting cukup bagus untuk sebuah website yang masih baru dan belum terlalu banyak traffic. Harganya pun bisa dibilang cukup murah.

Namun, sesuai namanya, hosting ini mengharuskan kita untuk berbagi server dengan orang lain. Jadi, ketika traffic website pengguna lain tinggi, akan berpengaruh pada kinerja website kita. 

VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS merupakan jenis hosting yang menjadi primadona di kalangan para pengguna sebab mempunyai banyak kelebihan yang menarik.

Salah satunya adalah pengguna akan mendapatkan space server yang dedicated. Ketika ada peningkatan traffic yang tinggi di website lain yang masih satu server, maka tidak akan berdampak pada website yang kita punya. 

Cloud Based Hosting

Jenis hosting yang lebih dikenal dengan nama cloud hosting ini mengacu pada teknologi hosting yang cukup baru. Cloud hosting memungkinkan ratusan server bekerja bersama hingga terlihat sepertu satu server raksasa.

Cloud hosting menjadi incaran banyak orang, terutama yang memiliki website traffic tinggi seperti portal berita, e-commerce, e-learning dan sebagainya. Kecepatan aksesnya lebih terjamin karena akan mendapatkan dedicated resource.

Jika menginginkan jenis hosting ini, coba saja layanan Cloud Hosting Rumahweb. Kita cukup fokus pada pengembangannya saja, karena Rumahweb yang akan mengelola seluruh servernya, seperti konfigurasi web, operasi OSS Linux, Database Server dan sebagainya. 

Adapun keuntungan lain yang bisa kita dapatkan ialah sebagai berikut: 

  • Kelola hosting secara simpel 
  • Fleksibel 
  • Efisien untuk website yang memiliki traffic tinggi 
  • Keamanan yang terjamin 

Pokoknya, menggunakan layanan Cloud Hosting Rumahweb dijamin bebas kelola website traffic besar, deh! Harga paketnya bisa dibilang juga cukup terjangkau. Makanya, ayo segera pesan cloud hosting dari Rumahweb! Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Hosting yang Perlu Diketahui"

List Blog Keren Rajabacklink