Menilik Manfaat Metaverse Di Era Digital

Setelah Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta, metaverse semakin menjadi bahan perbincangan hangat khalayak ramai. Facebook berani menggelontorkan dana sebesar Rp 140 triliun hanya untuk membangun Metaverse ini.

Bahkan metaverse ini masih tahap perencanaan dan imajinasi Zuckerberg. Akan tetapi, bila Metaverse ini benar-benar terwujud, hal ini bisa berpotensi mengubah cara manusia menjalani hidup, bekerja, bersosialisasi, menjalankan bisnisnya, bahkan membuat metaverse university.

Kelebihan dari Metaverse ini ialah mampu menghadirkan dunia 3 dimensi yang serupa dunia nyata, bahkan bisa menawarkan sesuatu yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Berikut ini merupakan rangkuman beberapa manfaat Metaverse di era digital dari berbagai sumber. Yuk disimak baik-baik 

Ruang Kantor Virtual

Selama masa pandemi dua tahun terakhir, orang-orang telah terbiasa dengan Zoom, Skype, G-Meet, dan alat komunikasi virtual lainnya untuk tetap menjalin komunikasi.

Namun, Metaverse bisa membawa kamu ke tingkat lebih lanjut dengan menyediakan ruang kantor virtual, yang membuat setiap orang merasakan berada di ruangan yang sama. Hal ini akan memberikan pengalaman yang bermakna dan produktif serta menawarkan solusi seperti pelatihan virtual, acara, konferensi, hingga pameran dagang. 

Tur Virtual di Seluruh Dunia

Metaverse memungkinkan kamu melakukan perjalanan tanpa harus berada di sana secara fisik. Sebab, dunia virtual ini menyajikan AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) dengan konten realistis yang akan meningkatkan imajinasi penonton. Youtube dan layanan hosting yang lain sedang dalam tahap pengembangkan repositori video 360 derajat. 

Ruang Belajar Virtual

Selain perkantoran, sektor pendidikan pun ikut terkena dampak pandemi Covid-19 yang memaksa siswa atau mahasiswa untuk belajar secara daring. Biasanya, instansi pendidikan menggunakan Zoom untuk berinteraksi satu sama lain seperti konsep metaverse Muhammadiyah.

Akan tetapi, masih ada hambatan yang belum teratasi oleh teknologi tersebut. Dengan metaverse, kamu akan merasakan pengalaman online gabungan, di mana satu avatar bisa berpindah antar ruang. Misalnya, kamu berpindah ruang dari kelas menuju laboratorium IPA. 

Penciptaan Hal-Hal Baru

Metaverse juga diyakini akan memperkenalkan hal-hal baru yang saat ini belum ada, bahkan untuk para milyarder kaya sekalipun. Setelah perkembangan VR semakin pesat beberapa tahun lagi, sebagian besar manusia mungkin dapat memiliki akses pengalaman virtual berkualitas tinggi.

Seperti, perjalanan ke tata surya yang jauh, pusat bumu, atau kembali ke era peradaban manusia jutaan tahun yang lalu.

1 komentar untuk "Menilik Manfaat Metaverse Di Era Digital"

List Blog Keren Rajabacklink