Pengajuan Pinjaman Dana ke Bank Ditolak? Berikut Penyebabnya

Ketika ingin memulai bisnis atau keperluan lainnya, namun dana yang dipunya tidak mencukupi, kamu bisa melakukan pinjaman dana ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Dalam pengajuan pinjaman dana ke bank, tidak sedikit nasabah yang ditolak karena beberapa alasan.

Apa saja ya penyebabnya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Riwayat Kredit Buruk

Saat kamu mengajukan pinjaman, biasanya bank akan mengecek terlebih dahulu riwayat kreditmu melalui BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Setiap pinjaman yang pernah kamu ajukan, semua datanya tercatat di sana, termasuk data pengembalian pinjaman.

Riwayat kredit yang buruk menurut BI Checking bisa menyebabkan pinjamanmu ditolak oleh bank. Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu disiplin dan tepat waktu dalam membayar pinjaman kredit agar proses pengajuan pinjaman bisa lebih mulus. 

Kontak Referensi Tidak Bisa Dihubungi

Biasanya, saat mengisi data permohonan pengajuan pinjaman akan dimintai data kontak referensi atau saudara tidak serumah. Apabila kontak data tersebut susah dihubungi untuk dimintai konfirmasi, akan berakibat pada pihak bank yang tida menyetujui permohonan pinjaman.

Untuk mengatisipasi hal tersebut, pastikan kamu telah mengisi nomor referensi dengan tepat. Beritahu juga orang yang kamu tulis di daftar referensi untuk selalu mengaktifkan ponselnya agar bisa dihubungi pihak bank saat melakukan pengecekan data. 

Data Tidak Sesuai

Ada beberapa nasabah yang memalsukan data atau dokumen agar permohonan kreditnya bisa disetujui oleh pihak bank. Contohnya memalsukan surat referensi kantor atau slip gaji.

Kamu perlu tahu, bahwa cara seperti ini rentan terlacak dan memiliki risiko besar terhadap ditolaknya permohonan pinjaman. Jadi, gunakan data atau dokumen yang sesuai, ya.

Kemampuan Bayar Dinilai Kurang

Pihak bank juga akan melakukan penilaian pada calon kreditur mengenai faktor kemampuan bayar yang diukur dengan nominal gaji atau pendapatan bulanan. Biasanya, besaran kemampuan cicilan diukur berdasarkan rasio kredit.

Besar rasio kredit atau nilai cicilan per bulannya yang aman adalah sekitar 30% dari jumlah penghasilan. Semaki kecil rasio kreditnya, maka semakin besar pula peluang pinjamanmu untuk disetujui pihak bank.

Nah, itu dia beberapa penyabab pengajuan pinjaman dana ditolak oleh pihak bank. Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang informasi dunia perbankan dan keuangan Indonesia, silakan kunjungi laman bankdiindonesia.com.

Ada informasi mengenai alamat kantor cabang bank di setiap wilayah, daftar Bank BI Fast dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengajuan Pinjaman Dana ke Bank Ditolak? Berikut Penyebabnya"

List Blog Keren Rajabacklink