Tips Menghilangkan Karat pada Pagar Besi Rumah

Tips Menghilangkan Karat pada Pagar Besi Rumah
Pagar besi adalah salah satu tipe pagar rumah minimalis yang banyak digunakan oleh pemilik hunian dengan konsep minimalis. Selain sifatnya yang kuat dan umur pakainya yang panjang, pagar dari besi juga menawarkan tingkat keamanan yang relatif tinggi dan punya banyak desain yang cantik. 

Di sisi lain, pagar ini relatif cepat berkarat apabila digunakan pada area dengan cuaca ekstrem. Jika rumah Anda juga menggunakan pagar dari besi, berikut adalah tips menghilangkan karat pada pagar besi.

Bersihkan sisa-sisa karat dengan cairan penetran

Karat yang bermunculan pada pagar rumah besi biasanya akan mengelupas cat pagar dan meninggalkan berkas-berkas karat. Jika dibiarkan terlalu lama, berkas atau sisa karat ini dapat memperparah atau memperluas kerusakan pagar besi. 

Untuk itu, segeralah bersihkan sisa karat di pagar menggunakan cairan penetran, diamkan sesaat, lalu lap dengan kain kering.

Gunakan minuman bersoda

Kalau tidak punya cairan penetran, Anda bisa juga menggunakan minuman berkarbonasi (minuman bersoda) sebagai alternatif cairan pembersih sisa-saisa karat. Siramkan cairan tersebut pada area pagar yang berkarat, diamkan selama beberapa waktu, kemudian lap menggunakan kain kering atau gosok dengan sabut kawat. Setelah itu, sisa-sisa kawat akan luruh semua.

Manfaatkan bahan-bahan memasak

Apabila Anda tidak juga punya stok minuman bersoda, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan memasak di dapur untuk menghilangkan sisa-sisa karat pada pagar besi di rumah Anda. 

Gunakanlah cuka atau campuran soda kue, garam, dan air jeruk untuk melakukan hal ini. Kandungan asam yang dimiliki bahan-bahan masakan ini niscaya mampu mengangkat sisa-sisa karat pada pagar besi. Lakukan tahapan pembersihan seperti pada dua poin sebelumnya.

Pakai oli gardan 

Tips menghilangkan karat lain yang bisa Anda coba di pagar besi rumah Anda adalah menggunakan oli gardan (oli motor). Anda tidak perlu repot membeli oli gardan yang baru, sebab, menggunakan oli gardan bekas saja sudah cukup mampu menghilangkan sisa-sisa karat pada pagar besi. 

Untuk membersihkannya, ambillah kuas lalu oleskan oli tersebut pada bagian pagar yang berkarat. Diamkan selama beberapa waktu, kemudian lap dengan kain kering.

Nah, itulah dia beberapa tips menghilangkan karat yang ada pada pagar besi di rumah Anda. Agar karat tidak kembali, Anda dapat melapisi pagar besi dengan cat logam dalam setidaknya sebanyak 4 lapis. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Menghilangkan Karat pada Pagar Besi Rumah "

List Blog Keren Rajabacklink