Anda Pelaku Bisnis? Yukk Ketahui Manfaat Adanya E-Commerce

Di era digital yang berkembang semakin pesat saat ini, membuat fenomena belanja online menjadi hal yang lumrah, serta menjadi pilihan banyak konsumen untuk berbelanja mudah dan aman dari rumah. Tidak sedikit pebisnis yang beralih membuat toko online atau E-Commerce sendiri untuk menunjang bisnis mereka.

Pengertian E-Commerce sendiri merupakan pembelian dan penjualan barang dan jasa secara online. Banyak yang menyukai platform ini karena menawarkan kemampuan untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari jual independen, pekerja lepas bahkan hingga perusahaan menengah dan besar.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuat E-Commerce untuk bisnis Anda. Terlebih, sudah banyak jasa pembuatan website E-Commerce yang akan membantu Anda. Apa saja ya keuntungannya? Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini! 

Melakukan Penjualan Tanpa Batas

Kelemahan terbesar dalam menjalankan toko online salah satunya ialah lokasi. Namun, lain halnya dengan bisnis E-Commerce. Dengan platform satu ini, bahkan Anda dapat menjalankan bisnis hanya dari rumah dan menjualnya di suatu tempat di seluruh dunia.

Batasan untuk menjual barang atau jasa dengan toko E-Commerce akan menjadi sumber daya dan niat untuk seberapa besar lagi Anda ingin mengembangkan bisnis yang Anda geluti saat ini. 

Bisa Mulai Dengan Biaya Rendah

E-Commerce bisa membantu Anda menghindari investasi besar di muka untuk mengoperasikan toko offline seperti sewa, desain toko, dan inventaris. Selain itu, Anda juga terhindar dari sebagian besar biaya ini ketika menjalankan web retail. Tentu tidak gratis untuk memulai sebuah toko E-Commerce.

Biaya minimum untuk bisnis online satu ini adalah web hosting, sistem E-Commerce, dan juga nama domain. Anda juga perlu mempunyai pengetahuan dasar seperti pajak dan undang-undang yang tercakup, serta membayar kegiatan pemasaran. Akan tetapi, biaya untuk semua kegiatan tersebut masih murah dibanding dengan membuat toko offline. 

Akses ke Pelanggan Lebih Luas

Penjualan online melalui E-Commerce membuat Anda dapat menjual lebih banyak produk dengan metode berbeda, seperti melalui situs web, mobile apps (Amazon dan eBay), atau media sosial seperti Facebook Marketplace.

Pelanggan baru pun bisa Anda jangkau dengan mudah tanpa harus menunggu mereka mengunjungi toko Anda secara langsung. 

Tersedia Sepanjang Waktu

Berjualan di E-Commerce, membuat toko Anda akan terlihat sepanjang waktu. Pelanggan bisa membeli produk dan memproses pesanan meskipun mereka melakukan hal itu entah pukul 10 malam atau bahkan pukul 1 pagi, karena semua pesanan langsung tercatat dalam sistem secara otomatis. Tentu saja, hal ini dapat mengurangi kasus kehilangan pelanggan untuk bisnis. 

Memiliki Ruang Etalase Produk

Dengan adanya halaman produk, Anda jadi bisa memasukkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang Anda jual. Selain itu, web online memiliki banyak ruang untuk menampilkan keragaman produk, seperti warna, ukuran, bahan, dan sebagainya.

Bisnis E-Commerce juga dapat membagikan produk di media sosial mereka, sehingga pelanggan dapat menemukan inspirasi dari pembeli lain atau lebih terhubung dengan satu merek. 

Belanja Dengan Nyaman

Alasan banyak orang yang berminat belanja online adalah karena kenyamanannya. Maka, penting bagi Anda untuk memberikan pengalaman berbelanja lancar untuk para pelanggan. Berikan fitur-fitur seperti informasi produk, membandingkan item, dan checkout barang dengan mudah.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa terpuaskan selama mereka mempunyai situs web yang telah terstruktur dengan baik. 

Personalisasi Layanan Pelanggan

Sebuah survey menunjukkan bahwa 80% pelanggan cenderung membeli dari bisnis yang memberikan layanan yang dipersonalisasi. Hasil ini menunjukkan seberapa besar atau banyak penawaran layanan pelanggan yang dipersonalisasi dapat membantu mempercepat penjualan dan juga reputasi merek Anda.

Umumnya, beberapa personalisasi tersebut termasuk pada promosi atau diskon, program loyalitas, komunikasi yang disesuaikan atau rekomendasi.

Keuntungan dari E-Commerce di atas akan menghemat waktu dan energi Anda dalam menjual produk atau layanan, bahkan Anda bisa menjangkau pelanggan yang besar di seluruh dunia hanya dengan melalui website atau mobile apps.

Apabila Anda ingin membuat E-Commerce, percayakan pada Alfa Digital Solution sebagai konsultan IT terbaik Jakarta yang menerima jasa pembuatan E-Commerce. Sistem yang dibuat sangat mudah untuk Anda mengerti dan tentunya dengan biaya yang hemat.

Posting Komentar untuk "Anda Pelaku Bisnis? Yukk Ketahui Manfaat Adanya E-Commerce"

List Blog Keren Rajabacklink