Tips Mengkonsumsi Obat Herbal dengan Aman, Wajib Tahu!

tips mengkonsumsi obat herbal dengan aman

Masyarakat Indonesia sudah sejak lama menggunakan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meskipun telah lama digunakan dan terbuat dari bahan alami, bukan berarti obat herbal tidak memiliki efek samping jika berlebihan dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips mengkonsumsi obat herbal sehingga aman digunakan.

Indonesia memang dikenal dengan keankeragaman tumbuhan serta penghasil rempah-rempah yang beragam. Hal ini juga menjadi potensi tersendiri dimana berbagai hasil bumi tersebut diolah menjadi bahan obat-obatan herbal, misalnya saja daun luntas, purwoceng hingga rumput mutiara. Di sisi lain, juga terdapat obat-obatan herbal yang terbuat dari hewan hingga mineral.

Pengolahan obat-obatan herbal kini semakin berkembang. Tidak hanya dalam bentuk jamu tradisional saja, akan tetapi banyak diolah menjadi bentuk bubuk hingga kapsul. Banyak anggapan bahwa obat herbal lebih aman dibandingkan dengan obat medi karena terbuat dari tanaman herbal. Akan tetapi, bukan berarti tidak menimbulkan efek samping terlebih jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama secara terus menerus dan dikonsumsi terlalu banyak.

4 Tips Aman Mengkonsumsi Obat Herbal

Mungkin banyak pertanyaan di benak Anda terkait apakah obat herbal bebas efek samping? Tentu jawabnnya, tidak. Nah, agar terhindar dari efek samping penggunaan obat herbal yang berbahaya alangkah baiknya untuk mengetahui cara konsumsi obat herbal sehingga aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping yang fatal bagi kesehatan Anda.

Membeli Obat Herbal di Toko Resmi

Agar Anda tidak mendapatkan obat herbal abal-abal yang berbahaya bagi tubuh, alangkah baiknya untuk membeli obat-obatan herbal, jamu, hingga obat tradisional di apotek, toko atau swalayan resmi. Jika menghendaki pembelian online, maka belilah di official store atau website resminya. Ini akan menghindarkan Anda dari produk abal-abal atau palsu dan tidak memiliki izin resmi.

Obat herbal yang dibeli di apotek atau toko yang resmi pasti telah memiliki izin edar sesuai dengan standart pemerintah. Selain itu, orang-orang yang menjual produk tersebut juga merupakan orang yang kompeten di bidangnya, seperti seorang apoteker. Sehingga paham benar dengan obat apa yang diberikan kepada pembeli.

Lakukan Pengecekan Produk Sebelum Membayar

Tips mengkonsumsi obat herbal berikutnya adalah memastikan mengecek produk terlebih dahului sebelum melakukan pembayaran. Pertam cek kondisi kemasan, pastikan kemasan tidak bocor, penyok, menggelembung bahkan terbuka. Apabila Anda membeli obat dalam wadah botol, pastikan tutup botol masih tersegel baik dan tutup botol tidak karat.

Kemudian, cek label pada kemasan. Pastikan label produk memuat nama produk, alamat atau produsen obat tersebut, izin edar resmi dari BPOM, tanggal kadaluwarsa, kode produksi, berat bersih (netto), dan komposisi yang digunakan. Pastikan juga bahwa di dalam kemasan mencantumkan cara konsumsi obat herbal, seperti dosis yang disarankan sesuai umur. Jangan lupa juga untuk membaca label larangan atau kontradiksi produk.

Simpan dan Konsumsi Obat Herbal dengan Benar

Setelah melakukan pengecekan seperti di atas, Anda dapat langsung membelinya agar segera dikonsumsi. Lalu, simpanlah di tempat yang dianjurkan biasanya ada di kemasan atau dapat bertanya kepada apoteker saat membelinya. Pasalnya beberapa obat-obatan harus diletakkan di lemari pendingin atau ada juga yang justru tidak bisa terkena suhu dingin.

Penyimpanan yang kurang tepat akan berpengaruh terhadap masa penggunaan produk, bisa saja produk menjadi rusak dan tidak bisa dikonsumsi. Berikutnya, Anda juga harus mengetahui cara minum obat herbal yang benar. Dalam mengkosumsinya harus sesuai dengan anjuran di dalam kemasan. Jika terdapat alergi yang ditinbulkan maka harus konsultasi kepada dokter.

Memperhatikan Kondisi Tertentu

Tidak semua obat herbal dapat menyembuhkan segala penyakit, bahkan ada kondisi tertentu dimana mengkonsumsi obat herbal justru berakibat fatal bagi tubuh. Beberapa kondisi yang harus diperhatikan diantarnya, jika Anda sedang hamil atau menyusui maka alangkah baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Kondisi menjelang operasi juga harus menghindari obat-obatan herbal yang sekiranya dapat memperlambat proses pembekuan darah. Dan pada penyandang penyakit tertentu, alangkah baiknya jika konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Misalnya saja pada penyandang auto imun wajib menghindari tanaman herbal sambiloto karena dapat membahayakan kondisi tubuh.

Nah, sudah memahami tips mengkonsumsi obat herbal yang benar kan? Mengkonsumsi obat herbal memang baik jika digunakan sesuai dengan takaran atau dosis yang tepat, alangkah baik lagi jika sudah berkonsultasi dengan dokter. Terlebih, tidak semua kondisi tubuh dapat menerima obat herbal terutama mereka yang sebelumnya telah mengidap penyakit tertentu.

Teman-teman juga bisa membaca tentang testimoni Mosehat sebagai obat herbal untuk mengobati semua penyakit di sini ya.

Posting Komentar untuk "Tips Mengkonsumsi Obat Herbal dengan Aman, Wajib Tahu!"