Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Jawa Timur menawarkan berbagai jenis tempat wisata yang tidak kalah menarik dari tetangganya, Bali. Hampir setiap kota di Jawa Timur memiliki tujuan wisata yang unik, mulai dari gunung, pantai, gua hingga air terjun. Tidak hanya itu, daerah paling timur pulau Jawa ini juga dikenal akan keberagaman kulinernya.

Selain memiliki cita rasa yang mengunggah selera, kuliner di daerah ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Berikut makanan khas Malang, Surabaya, Madura, dan Banyuwangi yang tak boleh dilewatkan.

Malang

Memasuki musim hujan, Bakso Malang yang merupakan makanan khas malang selain pia mangkok, air apel, atau orem-orem menjadi pilihan yang tepat untuk disantap. Makanan ini merupakan primadona warga Malang. Pada umumnya, Bakso Malang terdiri dari bakso, bakso goreng, lumpia, pangsit, dan mie. Memiliki cita rasa yang memanjakan lidah, tak heran bila makanan khas ini menjadi favorit masyarakat Indonesia. 

Surabaya

Makanan khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan adalah rawon. Banyak jenis rawon yang dapat dijumpai di kota ini, namun yang paling terkenal tentu saja rawon setan. Kata “setan” pada makanan biasanya merujuk pada makanan yang ekstra pedas. Tapi tidak dengan rawon setan. Asal usul nama rawon setan ini berasal dari jam bukanya yang hampir tengah malam, yaitu sekitar pukul 23.00 WIB.

Rawon setan disajikan dengan berbagai topping yang sangat menggugah selera dan potongan daging sapi yang berukuran besar serta dengan taburan bawang goreng. Harga yang ditawarkan untuk seporsi dari rawon bervariasi tergantung dari topping daging yang diinginkan. 

Madura

Sate Madura merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal. Makanan ini bisa ditemukan di berbagai penjuru Indonesia. Bila dilihat, Sate Madura hampir sama dengan sate pada umumnya. Namun, Sate Madura memiliki rasa bumbu kacang yang sangat khas. Terlebih lagi, daging satenya juga empuk dan menggugah selera. 

Banyuwangi

Penggemar soto dan rujak harus mencoba Rujak Soto khas Banyuwangi. Sesuai Namanya, kuliner khas daerah ini merupakan perpaduan antara soto dan rujak. Rujak terdiri dari berbagai sayuran rebus dan saus kacang. Rujak yang sudah jadi kemudian disiram dengan kuah soto beserta potongan daging dan babat. Mungkin bagi sebagian orang, kuliner ini terasa asing. Namun, tidak ada salahnya mencoba makanan khas yang satu ini. 

Nah, itu dia beberapa makanan khas Malang, Surabaya, Madura, dan Banyuwangi yang wajib dicoba saat anda mampir ke daerah Jawa Timur. Jangan lupa dicatat ya.

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba"