Mengulik Apa Saja Fungsi dari Geotextile Woven

Bagi yang bekerja di bidang konstruksi maupun teknik sipil, pastinya sudah tidak asing dengan istilah Geotextile. Bisa dibilang, geotextile merupakan bahan yang paling banyak digunakan dalam dunia perkonstruksian.

fungsi dari geotextile woven

Geotextile merupakan bahan material yang sering digunakan untuk memperkuat, melindungi tanah, menyaring dan memisahkan. Biasanya, terbuat dari material polipropilen atau poliester. Di tempat jual geotextile, bahan ini bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Salah satu jenis geotextile adalah geotextile woven, yakni lembaran tekstil yang dibuat dengan cara menganyam dua set atau lebih. Seperti benang, fiber, pita atau filamen dari polypropelen yang kemudian dirajut, sehingga elemen ini saling bertautan dengan dasar pembuatannya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari geotextile woven yang perlu kita ketahui. Apa saja ya fungsinya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Perlindungan

Geotextile jenis ini bisa berfungsi sebagai perlindungan. Seperti mencegah erosi tanggul oleh angin, gelombang, pasang surut dan hujan.

Selain itu, bisa juga untuk melindungi lereng, melindungi tepian, melindungi fondasi dan mencegah erosi tanah.

Penguatan

Selanjutnya, geotextile woven bisa digunakan dalam proyek geosinetik seperti rel kereta api, jalan raya, bandara, bendungan batu, pemecah gelombang dan lain-lain.

Fungsinya untuk mengurangi tekanan tanah, meningkatkan modulus elastisitas, membatasi slip dan meningkatkan stabilitas.

Penyaringan

Tak hanya sebagi pelindung dan penguatan, geotextile woven pun sering digunakan untuk penyaringan. Seperti menyaring lapisan bendungan, sungai dan batuan pantai serta mencegah lewatnya partikel pasir, aliran air atau udara secara bebas.

Pemisahan

Pemisahan berbagai bahan pekerjaan tanah dengan kain jenis woven ini berfungsi untuk membentuk antarmuka yang stabil, sesuai dengan persyaratan, memainkan karakteristik dan juga peran keseluruhannya sendiri.

Fungsi Memblokir Partikel

Memposisikan geotextile woven secara horizontal di saluran aluran fluida tersuspensi, bertujuan untuk memblokir partikel lumpur kecil dan memungkinkan cairan melewatinya.

Kekuatan Tarik Diafragma

Geotextile woven yang digunakan dalam kombinasi dengan geomembran, bisa bertindak sebagai diafragma tekanan antara dua bahan pada tekanan yang berbeda.

Nah, itulah beberapa fungsi dari geotextile woven yang perlu kita ketahui. Terutama bagi pekerja konstruksi. Jika ingin membeli geotextile woven maupun non-woven, percayakan saja pada CV Pasti Jaya Semarang.

Sebab, distributor dan aplikator water proofing ini menyediakan geotextile yang terbaik dan berkualitas. Dapatkan harga geotextile terbaik hanya di CV Pasti Jaya Semarang! Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi pastijayasemarang.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mengulik Apa Saja Fungsi dari Geotextile Woven"

List Blog Keren Rajabacklink