Tak Hanya Menjaga Kesehatan Saraf, Berikut Manfaat Vitamin B bagi Tubuh

manfaat vitamin B bagi tubuh

Masing-masing vitamin memiliki peran dalam menjaga kesehatan tubuh. Seperti misalnya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, vitamin C untuk daya tahan tubuh, dan vitamin E untuk menjaga kelembapan dan kecantikan kulit. Tak terkecuali vitamin B juga diperlukan tubuh.

Vitamin B memiliki manfaat yang cukup penting di dalam tubuh. Vitamin tidak dihasilkan oleh tubuh sehingga tubuh memerlukan asupan vitamin dari luar. Anda bisa mendapatkan vitamin dengan mengonsumsi makanan atau suplemen vitamin B.

Mengetahui Vitamin B yang Diperlukan Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan vitamin supaya tubuh bisa bekerja secara optimal. Beragam jenis vitamin memiliki manfaat yang berbeda, satu diantaranya yang penting adalah vitamin B. Peran vitamin B guna memastikan sel-sel tubuh manusia dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Makanan yang Anda konsumsi akan diubah menjadi energi oleh vitamin B. Tak hanya itu, vitamin B juga membuat sel darah baru sehingga kesehatan sel otak dan jaringan tubuh lainnya terjaga kesehatannya.

Menurut Kementerian Kesehatan, tubuh manusia disarankan mengonsumsi 1-1,4 mg vitamin B setiap harinya. Vitamin ini dapat larut dalam air sehingga dapat keluar bersama urine. Orang yang mengonsumsi vitamin harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup sehingga tidak merusak organ ginjal.

Beragam Jenis Vitamin B dan Manfaat Bagi Tubuh

Vitamin B terbagi menjadi 8 jenis yang mempunyai manfaat dan fungsi masing-masing. Berikut penjelasan 4 jenis vitamin B yang perlu Anda ketahui.

Thiamin (Vitamin B1)

Thiamin atau vitamin B1 memiliki peran dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Tak hanya itu, Thiamin juga bisa mengubah makanan yang dikonsumsi tubuh menjadi energi.

Energi ini nantinya digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kebutuhan vitamin B1 pada tubuh juga bisa menghindari tubih dari gangguan penyakit beri-beri. Makanan sumber vitamin V1 bisa didapat dari daging sapi, telur, roti, susu, dan biji-bijian utuh.

Riboflavin (Vitamin B2)

Riboflavin atau Vitamin B2 memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini juga membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak di dalam tubuh. Sumber makanan yang kaya Vitamin B2 yaitu sayur, nasi, susu, dan telur.

Niacin (Vitamin B3)

Niacin atau Vitamin B3 memiliki peran menjaga kesehatan sistem saraf sekaligus mengubah makanan yang masuk ke tubuh menjadi energi. Sumber vitamin B3 terbaik adalah kacang-kacangan, ikan, susu, daging sapi, dan telur.

Vitamin B12

Tubuh manusia membutuhkan Vitamin B12 untuk membuat sel darah merah, pembentukan saraf dan juga DNA. Terutama bagi ibu hamil, vitamin B12 sangat dibutuhkan untuk mencegah anemia. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 menghindarkan dari anemia, gangguan penglihatan, merasa kelelahan, dan perubahan suasana hati yang tidak menentu.

Nah, betapa pentingnya Vitamin B bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil. Sebaiknya mengonsumsi Vitamin B secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Penuhi asupan vitamin B kompleks dengan konsumsi suplemen Neurobion. Kunjungi laman neurobion.com untuk mengetahui informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tak Hanya Menjaga Kesehatan Saraf, Berikut Manfaat Vitamin B bagi Tubuh"

List Blog Keren Rajabacklink