Mau Punya Asuransi Kesehatan? Simak Dulu Informasi Berikut

Pandemi yang hampir berjalan tiga tahun lamanya memberi dampak yang cukup signifikan untuk kehidupan masyarakat saat ini. Selain lebih peduli pada kesehatan diri dan sekitar, banyak orang juga mulai tersadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan pribadi. Pasalnya, asuransi kesehatan ini memiliki peranan penting dalam memberi perlindungan berupa risiko finansial dari berbagai musibah terkait kesehatan. Jika Anda juga sedang berpikir untuk mau punya asuransi kesehatan, simak dulu informasi mengenai produk perlindungan kesehatan dalam kelanjutan artikel ini.

Setelah melewati fase pandemi yang berat ini, banyak orang menyadari bahwa menjadi sehat itu mahal. Untuk itulah, asuransi kesehatan bisa menjadi salah satu langkah antisipasi untuk mengamankan finansial sekaligus menjaga kesehatan Anda dalam keadaan darurat seperti sekarang ini.

Jika Anda masih bimbang menjatuhkan pilihan asuransi kesehatan dari perusahaan mana, Anda dapat mempertimbangkan FWD Insurance sebagai pilihan Anda. Soalnya, perusahaan asuransi kenamaan ini sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Tentunya, produk dan pelayanan yang ditawarkan oleh FWD Insurance tidak sembarangan. 

Jenis Perlindungan Asuransi Kesehatan

Sebelum memilih produk asuransi kesehatan, Anda perlu membekali diri dengan informasi dasar mengenai layanan ini terlebih dahulu. Berikut ini informasi jenis perlindungan yang bisa didapat dari asuransi kesehatan berdasarkan situs Duit Pintar:

Asuransi Berdasarkan Perawatan

Asuransi berdasarkan perawatan terbagi atas dua jenis, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Untuk jenis perawatan inap, perusahaan asuransi akan menanggung biaya rumah sakit selama Anda harus diopname di rumah sakit. Adapun komponen biaya yang akan ditanggung adalah administrasi rumah sakit, kunjungan dokter umum maupun spesialis, biaya tindakan, obat-obatan, hingga laboratorium. Semua manfaat ini memiliki nilai pertanggungan yang bergantung pada perjanjian dalam polis.

Sedangkan jenis rawat jalan berarti perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan rawat jalan Anda yang tidak membutuhkan inap di rumah sakit. Cakupan tanggungannya sendiri mulai dari administrasi rumah sakit, biaya konsultasi dengan dokter umum maupun spesialis, laboratorium, obat-obatan, hingga fisioterapi. Sama seperti jenis asuransi rawat inap, asuransi ini juga memiliki nilai pertanggungan yang bergantung pada perjanjian antara Anda dan perusahaan asuransi. 

Asuransi Berdasarkan Jenis Pembayaran Klaim

Asuransi berdasarkan jenis pembayaran klaim juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu nontunai (cashless) dan penggantian dana (reimburse). Sistem pembayaran nontunai adalah jenis pembayaran yang dilakukan di muka tanpa memerlukan uang tunai. Artinya, Anda sebagai nasabah hanya perlu bermodalkan kartu asuransi tanpa menyiapkan uang pribadi saat akan berobat.

Sebaliknya, sistem penggantian dana berarti Anda sebagai nasabah perlu membayar seluruh biaya pengobatan atau perawatan dengan uang pribadi terlebih dahulu, baru menyiapkan dokumen-dokumen untuk mengajukan penggantian dana pada perusahaan asuransi. Alur pembayaran klaim satu ini memang sedikit merepotkan dan memakan waktu.

Hanya saja, ia memiliki kelebihan soal kecepatan untuk tindakan, lantaran Anda tidak perlu menunggu konfirmasi dari perusahaan asuransi terlebih dahulu untuk bisa bertemu dokter dan/atau menebus obat-obatan.

Posting Komentar untuk " Mau Punya Asuransi Kesehatan? Simak Dulu Informasi Berikut "

List Blog Keren Rajabacklink