Bingung Memulai Investasi? Simak Cara Jitu Berinvestasi Reksadana Bagi Pemula

Source: Cermati

InformaSEO - Sebelum kita belajar bagaimana cara berinvestasi kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan reksadana. Reksadana adalah salah satu contoh investasi yang cocok bagi pemula, karena dikelola manajer investasi profesional dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Reksadana sendiri sudah diatur oleh Undang-Undang. tertera pada Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Aktivitas reksadana juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam memilih investasi reksadana.

Jenis Reksadana 

Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Investasi ini adalah jenis investasi jangka pendek dan deposito dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Reksadana pasar uang relatif lebih aman daripada jenis reksadana lain tetapi potensi keuntungannya juga lebih sedikit. 

Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

reksadana pendapatan tetap secara sederhana merupakan investasi yang sebagian besar alokasinya berfokus pada instrumen surat utang yang jatuh tempo di atas 1 tahun. Return-nya lebih besar dari reksadana pasar uang, umumnya mencapai 10% per tahun. 

Reksadana Campuran (Balanced Fund)

Seperti namanya, reksadana campuran menempatkan dana investasi ke instrumen campuran seperti saham, obligasi, dan deposito. 

Reksadana Saham (Equity Fund)

Reksadana saham akan menempatkan dana investasi pada saham minimal sebesar 80%. Karenanya, kamu akan berpotensi mendapatkan keuntungan yang paling besar jika dibandingkan dengan reksadana lain. 

Bagaimana Cara Berinvestasi?

Pertama sebelum berinvestasi di reksadana, kita harus tahu tujuan dari investasi ini. Apakah tujuannya jangka panjang ataukah untuk kebutuhan mendesak saat ini? Atau digunakan untuk membayar biaya kuliah tahun depan, atau untuk membiayai pensiun yang masih puluhan tahun lagi? 

Tujuan ini akan berhubungan erat dengan jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang tepat untuk kamu. Berikut adalah tips mudah untuk memulai investasi reksadana agar kamu tidak bingung lagi bagaimana cara investasi reksadana

Pilih Platform Investasi

Memilih platform untuk berinvestasi adalah hal yang sangat penting, kamu harus memilih platform yang terpercaya dan aman serta banyak pilihannya. Selain itu pastikan juga platform yang kamu pilih sudah ada izin dari OJK. 

Pilihlah Reksadana Yang Sesuai

Bila kita masih pemula, sebaiknya pilih investasi dengan risiko rendah seperti reksadana pasar uang, investasi. Reksadana jenis ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu di bawah 1 tahun. Kalau sudah mahir dan berani mengambil risiko tinggi, kita bisa memilih reksadana saham atau indeks saham. Reksadana ini memiliki risiko tinggi dan cocok untuk investasi jangka panjang di atas 5 tahun. 

Investasi Reksadana Bersama digibank Reksadana

Aplikasi digibank reksadana sudah terdaftar di OJK, hal ini memberikan jaminan keamanan bagi kamu yang baru memulai investasi. Melalui digibank reksadana kamu bisa mengetahui cara investasi reksadana dan akan mendapatkan banyak sekali kemudahan, karena digibank reksadana telah menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Adapun keuntungan lainnya sebagai berikut: 

  1. Mulai Investasi Hanya dari Rp100.000
    digibank reksadana memberikan kemudahan bagi kamu para pemula untuk memulai investasi hanya dengan Rp100.000.
  2. Pembelian berkala yang flexible
    Bersama digibank reksadana kamu bisa Level Up cara kamu berinvestasi beragam produk cukup di 1 aplikasi dengan pembelian berkala yang dapat dilakukan dimana saja.
  3. Memberikan 3 Kategori Pilihan
    Kamu akan mendapatkan 3 kategori pilihan: Berkinerja terbaik, Terpopuler, Scoring yang membantu kamu menentukan produk investasimu.
  4. Menyediakan Berbagai Produk Reksadana
    Digibank reksadana memberikan kamu pilihan lebih dari 50 produk reksadana.
  5. Praktis
    Kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara investasi reksadana, karena dengan digibank reksadana kamu bisa praktis daftar SID, Beli Jual & Switch semua hanya di 1 aplikasi.

Investasi reksadana memang menarik bagi para pemula yang ingin mencoba berinvestasi, namun harus tetap waspada dalam memilih platform investasi yang tepat. Kini, melalui digibank reksadana kamu tidak hanya diberikan kemudahan dalam berinvestasi, tapi kamu juga diberikan keamanan dari bank teraman Asia, Bank DBS demi proses investasi kamu yang lebih baik. Segera kenali produk reksadana terbaik kamu dengan download aplikasi digibank atau follow Instagram digibank sekarang. 

 

Referensi :

  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201110160028-83-568155/cara-investasi-reksadana-jenis-dan-cara-memulai
  • https://www.youtube.com/watch?v=ySolMNPZm7s
  • https://www.jurnal.id/id/blog/investasi-reksadana-cara-kerja-dan-langkahnya/

Posting Komentar untuk "Bingung Memulai Investasi? Simak Cara Jitu Berinvestasi Reksadana Bagi Pemula"