Tips Jitu Agar Lolos Wawancara Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Untuk mendapatkan beasiswa, baik untuk kuliah di dalam maupun luar negeri, tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya, kuota yang disediakan oleh penyalur beasiswa hanya sedikit, sedangkan ada ribuan orang yang mendaftar satu program beasiswa.

Ada beberapa tahap yang harus kita lalui. Tahap pertama adalah proses seleksi administrasi, di mana semua kelengkapan data dan profil pendaftar beasiswa akan diseleksi sesuai dengan kriteria. Tahap selanjutnya adalah tes interview atau wawancara. Pada tahap ini, tim seleksi akan mendalami profil dan menilai kepribadian kita, apakah sesuai dengan yang tertulis dalam application form.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar lolos wawancara beasiswa luar negeri. Simak baik-baik, ya! 

Simulasi Wawancara

Sebelum hari-h tes wawancara, kita bisa latihan wawancara terlebih dahulu. Lakukan bersama saudara, teman atau siapa saja. Buatlah simulasi ini seolah benar-benar sedang diwawancara oleh tim seleksi beasiswa.

Perkirakan pula pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan ditanyakan dan persiapkan jawabannya. Biasanya, yang ditanyakan seperti alasan mendaftar beasiswa, alasan memilih program studi dan kampus tujuan, rencana perkuliahan dan sebagainya. 

Lakukan Riset Mengenai Program Studi dan Kampus Tujuan

Tentunya, kita harus mengenali program studi dan kampus yang dituju. Kenali juga budaya negara di mana kampus pilihan kita berada. Lakukan riset secara spesifik tentang kampus yang dituju.

Dengan mengetahui secara jelas, maka akan memberikan keyakinan kepada tim seleksi bahwa kita sungguh-sungguh untuk mendapatkan beasiswa dan bisa dipertimbangkan.

Berpakaian yang Rapi

Seperti tes interview kerja, tes wawancara untuk mendapatkan beasiswa luar negeri juga harus menggunakan pakaian yang rapi. Sebab, first impression yang berkesan akan selalu melekat di ingatan.

Pakaian yang rapi dan bersih pastinya bisa menambah kepercayaan diri, sehingga bisa lebih tenang dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lancar. 

Datang Tepat Waktu

Sama dengan poin sebelumnya, datang tepat waktu ke tempat wawancara pun akan menambah kesan baik di mata tim seleksi. Hal ini menunjukkan bahwa kita memiliki kedisiplinan, bisa dipercaya, punya komitmen serta berintegritas.

Itulah beberapa tips jitu agar bisa lolos tes wawancara beasiswa kuliah di luar negeri. Agar persiapannya lebih matang lagi, kita bisa mengikuti kelas persiapan wawancara beasiswa luar negeri bersama Schoters. Kita akan dibantu oleh awardee beasiswa yang telah berpengalaman, sehingga kita akan lebih siap untuk menghadapi tes wawancara dan sukses melewatinya. Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui laman schoters.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Agar Lolos Wawancara Beasiswa Kuliah Luar Negeri"

List Blog Keren Rajabacklink