Bikin Simulasi Pemilu di Rumah, Yuk, Ajak Anak Kenali Dunia Politik

Pemilihan Umum 2024 tinggal menghitung bulan. Berbagai persiapan sudah dilakukan dari jauh hari bahkan sejak 2022 lalu. Berbagai atribut kampanye juga sudah mulai terlihat di beberapa ruas jalan protokol. Hal ini tentu akan membuat suasana sehari-hari terasa berbeda dan tentunya mendorong keingintahuan anak terkait dengan calon pemimpin serta tahapan pemilu yang panjang.

Hal ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh para orang tua untuk memperkenalkan dunia politik serta pemilu 2024 kepada anak tersayang. Bukan tanpa sebab, keluarga diyakini menjadi mikrosistem dari sosialisasi politik khususnya yang berkembang di Indonesia sebelum nantinya sang anak dapat mempelajari ilmu politik di lingkungan sekolah dan sosialnya. 

Salah satu bentuk sosialisasi politik yang bisa dilakukan oleh orang tua saat ini adalah dengan membuat permainan simulasi pemilu sendiri di rumah. Cara kreatif yang satu ini tentu akan memberikan dampak baik bagi tumbuh kembang anak, diantaranya.

Anak akan mengenali dunia politik secara bertahap

Dunia politik merupakan dunia yang sangat kompleks. Hal ini lantaran ada banyaknya kepentingan yang mesti diselaraskan dengan kebutuhan banyak orang, apalagi jika dihubungkan dengan politik sebuah negara yang sangat beragam seperti di Indonesia. Mengenalkan dunia politik melalui simulasi pemilu yang menyenangkan di rumah akan membantu anak mengenali sistem pemerintahan di Indonesia, perangkat pemerintahan dan juga partai politik dengan cara yang interaktif dan seru sekaligus secara bertahap.

Rasa penasarannya akan situasi pemilu sedikit terjawab

Saat ini para orang tua tentu dihadapkan pada banyaknya pertanyaan dari anak tersayang terkait dengan situasi politik dan pemilu yang berkembang di sekitarnya. Pertanyaannya sesederhana mengapa ada banyak bendera yang tidak ia kenali yang dipasang di sepanjang jalan yang biasa ia lewati. Anda sebagai orang tua dapat memanfaatkan momen ini untuk mengenalkan dunia politik kepada anak. Lebih lanjut, Anda dapat mengajak anak bermain simulasi pemilu di rumah agar anak mengenali banyaknya tahapan pemilu yang nantinya dijalankan pada tahun 2024.

Anak belajar membuat visi misi dan kebijakan

Saat melakukan permainan simulasi pemilu, berikan kesempatan kepada anak untuk menjadi calon pemimpin yang nantinya akan dipilih. Dengan begitu, anak akan belajar merancang visi dan misi yang lugas serta berbagai kebijakan yang baik untuk orang sekitarnya.

Berbagai manfaat dari permainan simulasi pemilu di atas akan terasa maksimal jika Anda dan anak benar-benar terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan hingga pasca permainan pemilihan. Beberapa hal yang perlu Anda dan anak lakukan dalam permainan ini adalah dengan mengajak anak untuk membuat bilik pemilih yang terbuat dari kardus, menggambar logo partai menggunakan banyak warna, berpidato di depan kamera hingga menyampaikan visi misi saat berkampanye. 

Dengan cara ini, Anda juga bisa lho mengenalkan anak akan pendidikan anti korupsi melalui visi misi yang anak susun. Sehingga tidak hanya belajar terkait politik, anak juga akan mengenali sikap integritas, aksi jujur hingga menumbuhkan rasa empati dan percaya diri.

Semakin menyenangkan cara Anda memperkenalkan dunia politik dan pendidikan antikorupsi kepada anak, semakin membuat anak merasa nyaman dan aman mempelajari ilmu politik di masa depan. Bagi Anda yang ingin lebih banyak mengetahui terkait dengan sosialisasi politik dan pendidikan anti korupsi, dapat mengunjungi situs ACLC KPK. Atau bisa juga dengan mengajak anak melakukan permainan lain hingga sering menemaninya menonton film yang mengandung unsur pendidikan anti korupsi di rumah.

Posting Komentar untuk "Bikin Simulasi Pemilu di Rumah, Yuk, Ajak Anak Kenali Dunia Politik "

List Blog Keren Rajabacklink